Beranda | Artikel
Adab Buang Hajat
Jumat, 5 Januari 2024

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Zaen

Adab Buang Hajat ini merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Fiqih Doa dan Dzikir yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 19 Jumadal Akhir 1445 H / 01 Januari 2024 M.

Kajian Tentang Adab Buang Hajat

Maka seharusnya umat Islam merasa bangga dan senang dengan agama Islam. Karena beragama Islam adalah karunia yang diberikan oleh Allah tidak kepada semua orang. Allah Subhanahu wa Ta’ala memilih sebagian manusia untuk diberi karunia beragama Islam.

Nabi kita Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam diutus oleh Allah membawa Islam sebagai karunia khusus yang diberikan kepada manusia yang terpilih oleh Allah. Berarti kalau kita ditakdirkan oleh Allah beragama Islam, maka ini adalah nikmat.

Para sahabat Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam sadar dengan karunia ini, sehingga tidak mudah diprovokasi oleh pernyataan negatif terhadap Islam.

Salman Al-Farisi Radhiyallahu ‘Anhu, salah satu sahabat Nabi, pernah diprovokasi oleh seorang Yahudi:

 قدْ عَلَّمَكُمْ نَبِيُّكُمْ صَلَّى اللَّهُ عليه وسلَّمَ كُلَّ شيءٍ حتَّى الخِراءَةَ 

“(Hai umat Islam), Nabi kalian mengajarkan segala sesuatunya hingga masalah adab buang hajat.”

Seolah-olah orang Yahudi ini mengatakan: “Hal yang remeh saja harus diajarkan?” Begitu diprovokasi seperti itu, justru Salman percaya diri. Jadi kalau kita dipojokkan dengan orang yang tidak mengerti Islam jangan minder. Tetapi kita harus bangga, senang dan bersyukur memiliki ajaran yang sempurna.

Salman Al-Farisi Radhiyallahu ‘Anhu mengatakan:

 أجَلْ لقَدْ نَهانا أنْ نَسْتَقْبِلَ القِبْلَةَ لِغائِطٍ، أوْ بَوْلٍ، أوْ أنْ نَسْتَنْجِيَ باليَمِينِ

“Tentu, Nabi kami mengajarkan ketika buang air kecil maupun besar, kami dilarang untuk menghadap kiblat, dan kami juga diajarkan ketika membersihkan untuk tidak menggunakan tangan kanan.” (HR. Muslim)

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/53767-adab-buang-hajat/